Sabtu, 11 Mei 2024

PPB TUGAS 8

 

Pemrograman Perangkat Bergerak - I

Membuat Image Scroll dengan menggunakan Desain Material

Aisyah Nurhalimah - 5025201081 

Materi Membuat Image Scroll

    Pada pertemuan hari ini, diberikan tugas untuk membuat aplikasi sederhana yang dapat menampilkan daftar afirmasi. Langkah awal dalam mengonfigurasi antarmuka pengguna (UI) untuk menampilkan daftar tersebut adalah dengan membuat List Item, yang merupakan komponen dasar dari daftar tersebut. Setiap List Item akan terdiri dari dua elemen utama, yaitu sebuah gambar yang mengilustrasikan atau menambahkan dimensi visual, dan sebuah string yang berisi teks afirmasi.

    Data yang digunakan untuk membuat setiap item dalam daftar ini sudah disediakan dalam bentuk kode awal pada cabang 'starter', Download ZIP. Setelah mendownload, buka project di android studio dan coba run program. Selanjutnya, buat file baru mada folder com.example.affirmation, dan beri nama 'model'. Buat file baru pada folder terebut dengan nama Affirmation. Berikut adalah kode untuk file affirmation.kt.

Selanjutnya isikan kode DataSource.kt pada folder com.example.affirmation.data

Setelah itu, buat kartu item daftar pada file MainActivity.kt. Kartu ini berguna untukmenampilkan gambar dengan teks di bawahnya. Tata letak vertikal ini dibuat menggunakan composable Column yang digabungkan dalam composable Card. Berikut adalah source codenya:

Berikut adalah demo dari aplikasi Affirmation:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar