Rabu, 13 Maret 2024

PPB - TUGAS 2

 

Pemrograman Perangkat Bergerak - I

Android Studio dan Jetpack Compose

Aisyah Nurhalimah - 5025201081 

Android 1 - JetPack Compose

        Pertemuan kedua pada mata kuliah ini, membahas tentang Jetpack Compose. Jetpack Compose adalah toolkit UI modern yang diperkenalkan Google untuk mempermudah pengembangan user interface di platform Android. Dibangun di atas bahasa pemrograman Kotlin, Jetpack Compose mengadopsi pendekatan deklaratif dalam mendesain UI. Sebagai permulaan, diberikan tugas untuk membuat sebuah program sederhana menggunakan Android Studio. 

    Langkah pertama adalah menginstal Android Studio Donwload Android Studio, versi terbaru saat ini ialah versi iguana. Selanjutnya ketika aplikasi berhasil terpasang, buka aplikasi lalu pilih 'New Project', lalu akan muncul tampilan seperti berikut ini: 


    Pada template 'Phone and Tablet' pilih 'Empty Activity', lalu beri nama project yang ingin dibuat, masukkan path penyimpanan, dan minimum SDK, dan lainnya. Selanjutnya Android Studio akan meminta untuk mendonwload beberapa modul yang diperlukan. Setelah menuliskan kode, jalankan aplikasi dengan mengklik tombol 'Run'. Berikut adalah tampilan kita kode program dijalankan : 

    Tampilan tersebut dapat dimodifikasi sesuat kebutuhan dengan mengubah isi file-file yang berada pada directory 'app' seperti 'MainActivity.kt'. 

Berikut adalah source code dari uji coba 'Hello Android': 

Berikut adalah hasil dari source code diatas: 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar